Posts tagged ‘Banjir’

Bahaya banjir di Kalsel 17 maret 2010

rawan banjir

rawan banjir

Tulisan ini untuk mempromosikan link https://miftahulmunir.wordpress.com/cuaca-ekstrim/banjir/peta-rawan-banjir/, dimana data di update secara online tiap hari karena di link dari situs-nya NASA.

rawan banjir kalsel

rawan banjir kalsel

Terlihat daerah kalsel bagian tenggara (kintap, jorong dan asam-asam) berwarna merah yang menandakan rawan banjir berdasar hujan 24 jam yang lalu. Kita lihat data pendukung berikut ini:

  • Prakiraan BMG untuk maret 2010 : Daerah Kalsel mayoritas beresiko banjir rendah, kecuali Jorong dan Pelaihari (Kab. Tanah Laut) dalam kategori menengah.
  • Kejadian Banjir dan potensi kejadian banjir besar menurut NASA, kalsel tidak masuk dalam kategori berbahaya dalam 3 hari terakhir.
  • Curah hujan di AWS Online Pelaihari 3 hari terakhir menunjukkan curah hujan yang sangat sedikit (0,2 mm dalam 3 hari)
  • Kondisi dinamika atmosfer masih menunjukkan kondisi El Nino dan Dipole Mode Positif  (Hujan kurang dari normal), didukung MJO yang menekan kejadian hujan , tetapi saling bertentangan dengan kondisi suhu muka laut masih hangat dan terjadinya konvergensi di atas Kalsel yang memungkinkan pertumbuhan hujan. Artinya tinggal melihat mana yang lebih dominan dalam menentukan hujan kalsel saat ini.

Besok kita evaluasi akurasi dari peta satelit NASA ini dalam memberi peringatan bahaya banjir.

Maret 17, 2010 at 2:38 am 2 komentar

Peta potensi banjir,tanah longsor,kebakaran dan kekeringan Kalimantan Selatan September- Desember

Artikel terakhir dari tiga seri. Artikel sebelumnya:

Artikel pertama (Januari-April)

Artikel kedua (Mei-Agustus)

peta potensi rawan banjir dan tanah longsor bulan Nopember

peta potensi rawan banjir dan tanah longsor bulan Nopember

peta potensi rawan banjir dan tanah longsor bulan Desember

peta potensi rawan banjir dan tanah longsor bulan Desember

peta potensi rawan kebakaran dan kekeringan bulan September

peta potensi rawan kebakaran dan kekeringan bulan September

peta potensi rawan kebakaran dan kekeringan bulan Oktober di Kalimantan Selatan

peta potensi rawan kebakaran dan kekeringan bulan Oktober di Kalimantan Selatan

Maret 4, 2009 at 1:54 am 2 komentar

Peta potensi banjir,tanah longsor,kebakaran dan kekeringan Kalimantan Selatan Mei -Agustus

Biar artikel ini gk terlalu berat karena banyak gambar maka peta potensi ini dibagi dalam 3 artikel, masing-masing melingkupi 1 caturwulan.

Lihat artikel pertama (Januari-April)

peta potensi rawan banjir dan tanah longsor bulan Mei

peta potensi rawan banjir dan tanah longsor bulan Mei

peta potensi rawan banjir dan tanah longsor bulan Juni

peta potensi rawan banjir dan tanah longsor bulan Juni

peta potensi rawan kebakaran dan kekeringan bulan Mei

peta potensi rawan kebakaran dan kekeringan bulan Mei

peta potensi rawan kebakaran dan kekeringan bulan Juni

peta potensi rawan kebakaran dan kekeringan bulan Juni

peta potensi rawan kebakaran dan kekeringan bulan Juli

peta potensi rawan kebakaran dan kekeringan bulan Juli

peta potensi rawan kebakaran dan kekeringan bulan Agustus

peta potensi rawan kebakaran dan kekeringan bulan Agustus

Artikel selanjutnya (September-Desember}

Maret 4, 2009 at 1:45 am 4 komentar

Peta potensi banjir,tanah longsor,kebakaran dan kekeringan Kalimantan Selatan Januari – April

Peta potensi ini didasarkan pada pola hujan rata-rata dan mengabaikan penyebab lain seperti labilitas tanah, drainase, cuaca ekstrim , topografi, daya tampung air tanah, dan sebagainya.

Jadi tidak menutup kemungkinan walaupun bulan tersebut tidak termasuk potensi rawan bencana tapi kalo unsur yang lain sangat ekstrim maka tetap bisa terjadi bencana.  Misalnya September tetap ada kemungkinan banjir, walaupun gk ada di peta potensi ini.

peta banjir januari

peta banjir januari

peta potensi rawan banjir dan tanah longsor bulan Pebruari

peta potensi rawan banjir dan tanah longsor bulan Pebruari

peta potensi rawan banjir dan tanah longsor bulan Maret

peta potensi rawan banjir dan tanah longsor bulan Maret

peta potensi rawan banjir dan tanah longsor bulan April

peta potensi rawan banjir dan tanah longsor bulan April

Selanjutnya (Mei-Agustus)

Lanjutan selanjutnya (September-Desember)

Maret 4, 2009 at 1:37 am 3 komentar

peta rawan banjir

Curah hujan 24 jam



flood hazard maps based on 1 day rainfall
peta banjir berdasar hujan dalam 1 hari

Januari 7, 2009 at 3:36 am Tinggalkan komentar

kok gak hujan?

sekarang januari, seharusnya musim hujan di kalimantan (borneo), indeks SOI nya juga menandakan indikasi La Nina (artinya seharusnya hujan lebih banyak dari normalnya), tapi kenyataannya udah berapa hari gak hujan di sini. dari gambar angin emang terlihat belokan angin 850mb nya ketarik dari yang seharusnya di kalimantan malah ada di laut jawa. Awan hujannya pada ngumpul disana. Di jawa banjir. di sini gak kebagian hujan. semula kukira gara-gara suhu muka laut di laut jawa yang bikin gara-gara , tapi kabarnya sih ada hubungan nya dengan cold surge di hongkong (naaa kalo cold surge aku gak nguasai sama sekali). yang jelas ada satu tambahan pengetahuan:” WALAU ADA INDIKASI LA NINA, KONDISI LOKAL KADANG KALA MENGAKIBATKAN CURAH HUJAN MALAH MENURUN”.

Di kalimantan juga kebagian puting beliung dan gusty (angin puyuh), kemarin di alun-alun baliho iklan rubuh dan memakan korban jiwa 4 orang pedagang jagung bakar. Pohon akasia depan rumahku patah. Dan PLN disini punya tekad kuat untuk meningkatkan pemadaman terjadwal (biasanya mereka baik hati, bonus pemadaman tak terjadwal lebih sering dibagikan hehehe..).Kalo di jawa mati lampu, bosPLN langsung pusing dicerca habis-habisan dan disuruh mundur. Di kalimantan mah santaaai, padam sepanjang tahun juga asyik aje. Kalo kemarau kekurangan air buat PLTA, kalo musim hujan pemeliharaan alat dan kekurangan batu bara (karena kebanjiran katanya siih..). Jadi tahun 2008 ini akan ditingkatkan pemadaman nya (mulai maret yang terjadwal), tapi kemarin 3 hari berturut-turut mati juga.

ngomongin hujan kok jadi curhat listrik hehehe, yang jelas sekarang kacau. Siapkan kena angin, hujan, banjir, mati lampu (ujung-ujungnya kebakaran), bensin solar minyak tanah langka, kedelai naik, alhamdulillah masih bisa hidup dan nge-net hehehe..

Nikmati hikmahnya, jadi sering merenungi diri (mati lampu siih, jadi gak ada yang dikerjain..), dan bisa nurunin berat badan( ngurangin makan).

Januari 22, 2008 at 1:56 pm Tinggalkan komentar


Arsip

Surabaya

Click for Surabaya Perak, Indonesia Forecast

Banjarmasin

Click for Banjarmasin, Indonesia Forecast

Balikpapan

suhu

Jakarta

Semarang

Denpasar

Kupang

Nang lain

  • Tidak ada

klik

  • 63,343 klok

Top Rating

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Checker