Posts tagged ‘puting beliung’

Bukan puting beliung, tetapi Downburst

Sebenarnya agak bingung ngasih judul posting ini, tapi mengingat seringnya kesalahpahaman masyarakat yang menyalahkan semua angin kencang sebagai angin puting beliung mungkin judul diatas agak cocok.

Perbedaan yang jelas terlihat mata adalah dampak dari kerusakan yang dihasilkan. Bila puting beliung (dan dalam skala yang lebih besar :Tornado) menghasilkan kerusakan yang berbentuk melingkar kearah dalam, seperti lingkaran obat nyamuk sehingga pohon yang tumbang karena puting beliung akan terlihat seperti dipulas, downburst menghasilkan kerusakan menyebar dari titik pusat.

kerusakan karena downburst mengarah lurus keluar titik pusat angin

kerusakan karena downburst mengarah lurus keluar titik pusat angin (sumber:NOAA).

Bandingkan dengan kerusakan dari puting beliung

kerusakan akibat puting beliung (sumber http://www.natuna.go.id/website/images/letung1.jpg)

kerusakan akibat puting beliung (sumber http://www.natuna.go.id/website/images/letung1.jpg).

Karena gerakannya yang memutar maka kerusakannya bisa menerbangkan atap tanpa menyentuh dinding bangunan.

—-

Seringkali downburst disalahtafsirkan dengan tornado/ puting beliung, hal ini karena kecepatannya bisa mencapai 150 km/jam.

Downburst adalah bentuk kuat dari subsidensi, sedangkan bentuk lemah subsidensi adalah downdraft.

Downburst tercipta oleh paket udara yang didinginkan oleh hujan, turun terhempas ke bumi, lalu menyebar kesemua arah menyebabkan angin kencang.

Jadi bentuk anginnya menyebar mengarah keluar dari titik pusatnya.

terjadinya downburst
Paket udara yang didinginkan hujan turun dari awan CB Semakin kebawah semakin cepat dan menghantam bumi dengan keras Angin menyebar dari titik hempasan kesegala penjuru

Walaupun jarang merusak, downburst terjadi lebih sering daripada tornado/ puting beliung. Karena ukurannya yang kecil dan waktu terjadi yang sangat pendek, sulit untuk mendeteksi dan memperingatkan adanya downburst.

Kategori:
– Macroburst-radius kerusakan 2.5 mil atau lebih
– Microburst-radius kerusakan kurang dari 2.5 mil

Iklan

April 20, 2009 at 3:40 am 4 komentar

kok gak hujan?

sekarang januari, seharusnya musim hujan di kalimantan (borneo), indeks SOI nya juga menandakan indikasi La Nina (artinya seharusnya hujan lebih banyak dari normalnya), tapi kenyataannya udah berapa hari gak hujan di sini. dari gambar angin emang terlihat belokan angin 850mb nya ketarik dari yang seharusnya di kalimantan malah ada di laut jawa. Awan hujannya pada ngumpul disana. Di jawa banjir. di sini gak kebagian hujan. semula kukira gara-gara suhu muka laut di laut jawa yang bikin gara-gara , tapi kabarnya sih ada hubungan nya dengan cold surge di hongkong (naaa kalo cold surge aku gak nguasai sama sekali). yang jelas ada satu tambahan pengetahuan:” WALAU ADA INDIKASI LA NINA, KONDISI LOKAL KADANG KALA MENGAKIBATKAN CURAH HUJAN MALAH MENURUN”.

Di kalimantan juga kebagian puting beliung dan gusty (angin puyuh), kemarin di alun-alun baliho iklan rubuh dan memakan korban jiwa 4 orang pedagang jagung bakar. Pohon akasia depan rumahku patah. Dan PLN disini punya tekad kuat untuk meningkatkan pemadaman terjadwal (biasanya mereka baik hati, bonus pemadaman tak terjadwal lebih sering dibagikan hehehe..).Kalo di jawa mati lampu, bosPLN langsung pusing dicerca habis-habisan dan disuruh mundur. Di kalimantan mah santaaai, padam sepanjang tahun juga asyik aje. Kalo kemarau kekurangan air buat PLTA, kalo musim hujan pemeliharaan alat dan kekurangan batu bara (karena kebanjiran katanya siih..). Jadi tahun 2008 ini akan ditingkatkan pemadaman nya (mulai maret yang terjadwal), tapi kemarin 3 hari berturut-turut mati juga.

ngomongin hujan kok jadi curhat listrik hehehe, yang jelas sekarang kacau. Siapkan kena angin, hujan, banjir, mati lampu (ujung-ujungnya kebakaran), bensin solar minyak tanah langka, kedelai naik, alhamdulillah masih bisa hidup dan nge-net hehehe..

Nikmati hikmahnya, jadi sering merenungi diri (mati lampu siih, jadi gak ada yang dikerjain..), dan bisa nurunin berat badan( ngurangin makan).

Januari 22, 2008 at 1:56 pm Tinggalkan komentar


Arsip

Surabaya

Click for Surabaya Perak, Indonesia Forecast

Banjarmasin

Click for Banjarmasin, Indonesia Forecast

Balikpapan

suhu

Jakarta

Semarang

Denpasar

Kupang

klik

  • 64,610 klok

Top Rating

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Checker