Subsidensi atmosfer

April 22, 2009 at 1:30 am 4 komentar

Subsidensi udara dalam bentuk yang berbahaya bisa dilihat pada kejadian downburst yang memiliki akibat kerusakan menyamai tornado. Subsidensi dalam bentuk yang lebih lemah dikenal dengan nama downdraft.

Akibat yang ditimbulkan subsidensi selain kerusakan pada lingkungan akibat angin kencang, juga bisa membahayakan penerbangan. Hal ini menyebabkan Federal Aviation Administration (Federasi yang mengurusi masalah penerbangan di AS) mengembangkan dan membangun stasiun radar pendeteksi badai yang baru di sejumlah Bandara besar. Akibat lainnya adalah tekanan udara yang lebih tinggi dan terjadinya kabut pada pagi hari.

Semua hal diatas adalah akibat subsidensi dalam skala kecil. Dalam skala besar, subsidensi terjadi secara terus- menerus pada daerah lintang tinggi yang menimbulkan sabuk daerah tekanan tinggi pada horse latitudes dan polar high. Pada gilirannya hal ini menyebabkan terjadinya sirkulasi angin yang terus menerus yang dikenal sebagai sel hadley, sel ferrel, dan sel polar.

distribusi tekanan dan angin permukaan

distribusi tekanan dan angin permukaan

Proses terjadi subsidensi

Umumnya subsidensi disebabkan udara yang didinginkan, entah oleh hujan, radiasi bumi, ataupun gurun es di kutub. Udara yang dingin menjadi lebih rapat dan akan bergerak turun hingga mencapai lingkungan yang udaranya lebih rapat dan /atau lebih dingin.

Entry filed under: iklim. Tags: , , .

Bukan puting beliung, tetapi Downburst Sel Hadley

4 Komentar Add your own

Tinggalkan komentar

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Arsip

Surabaya

Click for Surabaya Perak, Indonesia Forecast

Banjarmasin

Click for Banjarmasin, Indonesia Forecast

Balikpapan

suhu

Jakarta

Semarang

Denpasar

Kupang

Nang lain

  • Tidak ada

klik

  • 80.887 klok

Top Rating

Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Checker